SPESIAL: Sepuluh Transfer Terbaik Di Eropa 2010/11

Ratusan ribu hingga ratusan juta poundsterling berpindah tangan setiap dibukanya bursa transfer musim panas dalam hal jual beli pemain. Pemain pun hijrah dari satu klub ke klub lain hampir di seluruh penjuru dunia. Bahkan di Italia ada lebih seribu transaksi transfer pemain di musim ini.

Namun kemudian yang jadi pertanyaan adalah seberapa efektifkah pemain yang didatangkan klub tersebut. Apakah nilai investasi yang dari puluhan ribu hingga jutaan pounds itu memiliki efek positif bagi raihan klub tersebut.

GOAL.com berusaha menentukan siapa saja klub yang beruntung mendapatkan pemain dengan harga relatif murah, namun yang bersangkutan bisa memberikan kontribusi maksimal untuk sukses di musim ini. Prinsip ekonomi secara garis besar digunakan di sini, di mana dengan usaha dan modal sekecil-kecilnya didapat hasil dan keuntungan sebesar-besarnya.

Kami memberikan penilaian sepuluh transfer terbaik di musim 2010/11 didasarkan pada kriteria di bawah ini:

  • Kontribusi pemain secara keseluruhan (menjadi faktor terpenting penilaian)
  • Bagaimana pemain bisa cocok dengan line-up di tim tersebut
  • Seberapa cepat pemain bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya, dan juga sebaliknya.
  • Nilai transfer yang dibayarkan


10
Nacer CHADLI

Tampil
: 46
Gol
: 13
Assists: 5
 Twente  AGOVV - €500,000
Perjudian Twente berakhir sukses dengan memboyong Chadli. Padahal Ajax Amsterdam yang identik dengan skuad muda bertalenta menolak untuk memboyongnya, karena menilai yang bersangkutan tak cukup bagus.

Pemain asal Belgia ini mengungguli Emir Bajrami untuk perebutan tempat di tim utama Twente dan menjadi kejutan terbesar di musim ini. Chadli tampil mengesankan di kompetisi domestik juga di ajang Eropa. Sejumlah klub papan atas Eropa pun mulai meliriknya.
9

Kevin-Prince BOATENG

Tampil
: 29
Gol
: 3
Assists: 3
 AC Milan  Genoa - €3m (co-ownership)
Absennya sejumlah pemain pilar AC Milan membuat Kevin-Prince Boateng berkesempatan menunjukkan bakatnya. Pemain asal Ghana itu bisa disebut menuai sukses besar menunjukkan kapabilitasnya.

Boateng memiliki power, ngotot dan tak kenal menyerah, karakter yang cocok untuk mengisi lini tengah AC Milan. Performanya di Liga Champions dan sejumlah laga di Serie A pun bisa dibilang mengesankan. 
8

Shinji KAGAWA

Tampil: 25
Gol
: 10
Assists: 2
 Dortmund   Cerezo Osaka - €350,000
Jika saja tak dihantam cedera kecemerlandangan Shinji Kagawa pasti masih bisa dilihat di musim ini. Borussia Dortmun pun banyak disebut sebagai klub yang sangat beruntung bisa memiliki pemain Jepang ini.

Saat didatangkan dari Cerezo Osaka, Kagawa diposisikan sebagai playmaker cadangan. Namun penampilannya yang mentereng membuat Juergen Klopp memasangnya sebagai gelandang kreatif utama di tim. Kagawa memiliki kemampuan yang bagus dalam mengumpan, memainkan tempo dan punya determinasi tinggi. Ia bisa menjadi pemain kunci di Dortmund untuk Liga Champions musim depan.
7
Moussa SOW

Tampil
: 39
Gol
: 22
Assists: 1
 Lille  Rennes - Bebas Transfer
Masalah terbesar Lille musim lalu adalah ketajaman lini depan. Keputusan Rudi Garcia mendatangkan Moussa Sow di musim panas pun membuat banyak pihak mempertanyakannya.

Namun Sow berhasil membuktikan jika Rudi Garcia sudah membuat keputusan yang tepat dengan menariknya ke Lille. Pemain berusia 25 tahun itu sudah mencetak 21 gol di musim ini khusus di Ligue 1 Prancis. Lille pun bercokol di puncak klasemen.
6

Ricardo CARVALHO

Tampil: 42
Gol
: 3
Assists: 0
 Real Madrid  Chelsea - €8m
Kembali bergabung bersama Jose Mourinho, pelatihnya di FC Porto dan Chelsea, Carvalho langsung menunjukkan kapabilitas yang membuat pelatih Real Madrid itu mempercayainya mengawal sektor belakang.

Pemain asal Portugal itu tampil impresif. Ia juga mencetak tiga gol. Kemungkinan besar Carvalho akan bertahan di Real Madrid untuk sisa karirnya.
5
RAUL

Tampil
: 43
Gol
: 19
Assists: 6
 Schalke  Real Madrid - Bebas Transfer
Di kompetisi domestik kontribusi Raul belum cukup baik, dengan hanya mencetak 12 gol di 30 laga. Tapi di Eropa, Schalke sangat tertolong oleh pengalaman yang dimilikinya. Schalke pun bisa merasakan semi-final Liga Champions dengan lima gol dari Raul.

Padahal sebelum Raul sempat dibilang sudah habis perjalanan karirnya. Karena alasan itu Raul dibuang Real Madrid musim lalu. Namun Raul bisa membuktikan hal yang sebaliknya. Dan sepertinya prestasinya belum akan terhenti musim ini.
4
Edinson CAVANI

Tampil
: 44
Gol
: 32
Assists: 5
 Napoli  Palermo - Pinjam (kesepakatan €16m telah disepakati)
Cavani menjadi bomber terbaik di Serie A saat ini. Napoli menjadi tim yang sangat beruntung memilikinya mengingat ia bergabung dari Palermo hanya dengan status pinjaman.

Sudah 25 gol dilesakkan Cavani di kompetisi domestik. Belum lagi kiprah Cavani di kompetisi antarklub Eropa. Intinya, Cavani menjadi salah satu hot player musim ini.
3

Rafael VAN DER VAART

Tampil
: 30
Gol
: 12
 Tottenham  Real Madrid - £8m (€9m)

Tottenham membelinya dengan harga relatif murah dari Real Madrid, hanya delapan juta poundsterling. Tapi kontribusi yang disuguhkan Van Der Vaart bernilai puluhan juta pounds..

Van Der Vaart membuktikan diri sebagai salah satu pemain pilar Tottenham di musim ini, meski penampilannya cenderung menurun belakangan ini. Tapi karena kemampuan pemain asal Belanda itu Tottenham bisa melangkah hingga babak perempat-final Liga Champions musim ini.
2

Javier HERNANDEZ

Appearances: 38Goals Scored: 18
 Manchester United  Chivas Guadalajara - £8m (€9m)
Tak ada yang menyanggah jika Javier Hernandez adalah salah satu pembelian terbaik dalam sejarah Liga Primer Inggris, dan Manchester United menjadi tim yang sangat beruntung memilikinya.

Torehan golnya masih 18 untuk United di 38 penampilan, tapi nilai golnya sangat penting karena hampir semuanya menentukan kemenangan timnya. Masa depan pemain asal Meksiko di United sangat cerah.
1
Mesut OZIL

Tampil
: 45
Gol
: 10
Assists: 18
 Real Madrid  Werder Bremen - €15m
Real Madrid menebusnya dengan harga yang relatif mahal, 15 ribu poundsterling dari Werder Bremen. Tapi Ozil sangat pantas dihargai tersebut bila melihat kontribusinya di musim ini. Sepuluh gol sudah dilesakkannya ke gawang lawan, plus 18 assists di musim ini.

Dengan usia yang masih 22 tahun, pemain asal Jerman itu bisa menjadi salah satu aktor sukses Real Madrid untuk merajai Eropa dalam beberapa musim ke depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wujud Masjid Al-Aqsha Yang Asli

Benarkah Tentara Dajjal Telah Muncul?

Ciri-ciri Orang Yang Mencintaimu